Kisi-Kisi Matematika ini memang diperuntukkan bagi anda yang membutuhkan kisi-kisi tersebut. Dengan fokus mempelajari kisi-kisi matematika ini maka anda akan lebih fokus pula mempelajari materi matematika. Jika butuh penjelasan maka langsung dikonfirmasi dengan guru mapel anda sehingga memudahkan untuk memahaminya. Guru merupakan sumber langsung terhadap materi yang akan anda pelajari. Dengan peran bapak atau ibu guru maka solusi akan lebih mudah didapatkan.
- Kisi-Kisi Ujian Madrasah LP Ma'arif Tahun Pelajaran 2014-2015 Mapel IPA
- Kisi-Kisi Ujian Madrasah LP Ma'arif Tahun Pelajaran 2014-2015 Mapel Ke-NU-an
- Kisi-Kisi Ujian Madrasah LP Ma'arif Tahun Pelajaran 2014-2015 Mapel IPS
- Kisi-Kisi Ujian Madrasah LP Ma'arif Tahun Pelajaran 2014-2015 Mapel Bahasa Jawa
- Kisi-Kisi Ujian Madrasah LP Ma'arif Tahun Pelajaran 2014-2015 Mapel Matematika
KISI-KISI
UJIAN MADRASAH/SEKOLAH
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU JAWA TENGAH
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU JAWA TENGAH
TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Mapel : Matematika
Tingkat : MTs/SMP
NO
|
SKL
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
NO. SOAL
|
1
|
Peserta didik mampu menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat dan bentuk akar, aritmatika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan
|
a. Soal cerita berkaitan dengan operasi campuran pada bilangan bulat
b. Operasi campuran pada bilangan pecahan
|
1.1. Menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan operasi campuran pada bilangan bulat
1.2. Menghitung hasil operasi campuran pada bilangan pecahan
|
1
2
|
2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan
|
a. Aplikasi berkaitan dengan perbandingan
|
2.1. Menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan perbandingan dua besaran
|
3
| ||
3. Menyelasaikan masalah berkaitan dengan bilangan berpangkat atau bentuk akar
|
a. Hasil perpangkatan bilangan negatif atau pecahan
b. Hasil perkalian dan pembagian bilangan bentuk akar
|
3.1. Menentukan hasil perpangkatan bilangan negatif atau pecahan
3.2. Menentukan hasil perkalian dan pembagian bilangan bentuk akar
|
4
5
| ||
4. Menyelesaikan masalah berkaitan dengan perbankan atau koperasi
|
a. Besar tabungan awal
|
4.1. Menentukan besar tabungan awal
|
6
| ||
5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret
|
a. Menentukan Un jika unsur yang diperlukan diketahui dari barisan bilangan aritmatika atau geometri
b. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan deret aritmatika atau geometri
|
5.1. Menentukan Un, jika unsur yang diperlukan diketahui dari barisan bilangan geometri
5.2. Menentukan rumus Un, jika unsur yang diperlukan diketahui dari barisan bilangan aritmatika
5.3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan deret aritmatika
|
7
8
9
| ||
2
|
Peserta didik mampu memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linear, persamaan garis, himpunan, relasi fungsi, sistem persamaan linear, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
1. Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar
|
a. Faktor persekutuan
b. Faktor selisih dua kuadrat
c. Faktor bentuk ax2 + bx + c
|
1.1. Menentukan berbagai pemfaktoran
|
10
|
2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linear atau pertidaksamaan linear satu variabel
|
a. Pertidaksamaan linear satu variabel
b. Masalah berkaitan dengan persamaan linear satu variabel
|
2.1. Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan linear satu variabel
2.2. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel
|
11
12
| ||
3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan
|
a. Operasi himpunan
b. Aplikasi
|
3.1. Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan
3.2. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan
|
13
14
| ||
4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi
|
a. Pengertian fungsi
b. Nilai fungsi
|
4.1. Menentukan nilai fungsi f(c), jika f(a), f(b) dan rumus fungsi diketahui
|
15
| ||
5. Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya
|
a. Gradien
b. Persamaan garis
c. Grafik
|
5.1. Menentukan gradien persamaan garis
5.2. Menentukan grafik dari persamaan garis atau sebaliknya
|
16
17
| ||
6. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
|
a. Konsep
b. Aplikasi
|
6.1. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan SPLDV
|
18
| ||
3
|
Memahami bangun datar, bangun ruang, sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
1. Menyelesaikan soal menggunakan teorema Pythagoras
|
a. Tripel Pythagoras
b. Soal-soal yang penyelesaiannya menggunakan Pythagoras
|
1.1. Menghitung panjang sisi pada segitiga siku-siku
|
19
|
2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar
|
a. Masalah yang berkaitan dengan luas gabungan dua bangun datar
|
2.1. Menyelesaikan masalah berkaitan dengan luas gabungan dua bangun datar
|
20
| ||
3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar
|
a. Masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar segiempat
|
3.1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar segiempat
|
21
| ||
4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis, besar dan jenis sudut, serta sifat sudut yang terbentuk dari dua garis yang dipotong garis lain
|
a. Sudut berpelurus dan berpenyiku
|
4.1. Menghitung besar penyiku suatu sudut
|
22
| ||
5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada segitiga
|
Garis berat, garis tinggi, garis bagi, dan garis sumbu
|
5.1. Menentukan nama garis istimewa pada segitiga
|
23
| ||
6. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran
|
a. Juring lingkaran
b. Busur lingkaran
c. Garis singgung dua lingkaran
|
6.1. Menghitung luas juring jika unsur yang diperlukan diketahui
6.2. Menghitung besar sudut/sudut keliling pada lingkaran
6.3. Menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam atau luar, jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui
|
24
25
26
| ||
7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi
|
a. Identifikasi kesebangunan atau kongruensi
b. Menyelesaikan masalah berkaitan konsep kesebangunan
c. Menentukan syarat kongruensi
|
7.1. Menentukan perbandingan sisi yang bersesuaian bila diberikan dua buah bangun yang sebangun
7.2. Menghitung panjang sisi pada trapesium yang memuat dua segitiga yang sebangun
7.3. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan kesebangunan
|
27
28
29
| ||
8. Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang
|
a. Unsur-unsur pada bangun ruang sisi datar
b. Unsur-unsur pada bangun ruang sisi lengkung
|
8.1. Menentukan banyak diagonal ruang pada balok
8.2. Menentukan banyak rusuk dan sisi pada tabung
|
30
31
| ||
9. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang
|
a. Jaring-jaring kubus atau balok
|
9.1. Diberikan gambar rangkaian persegi, siswa dapat menentukan persegi yang merupakan pasangan alas dan tutup dari jaring-jaring kubus
|
32
| ||
10. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang
|
a. Volume bangun ruang sisi datar atau lengkung
b. Soal cerita yang berkaitan dengan volume bangun ruang
|
10.1. Menghitung volume prisma
10.2. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume balok dan tabung
|
33
34
| ||
11. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang
|
a. Luas bangun ruang sisi datar atau lengkung
b. Soal cerita yang berkaitan dengan luas bangun ruang
|
11.1. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas bangun ruang sisi lengkung
|
35
| ||
4
|
Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah
|
1. Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
|
a. Mean, median dan modus sebuah data pada tabel frekuensi
b. Soal cerita berkaitan dengan rata-rata
|
1.1. Menghitung mean, median, atau modus data pada tabel frekuensi
1.2. Menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan nilai rata-rata
|
36
37
|
2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data
|
a. Diagram lingkaran, garis, atau batang
|
2.1. Menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran
|
38
| ||
5
|
Memahami konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah
|
1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian
|
a. Peluang suatu kejadian
b. Soal cerita berkaitan dengan peluang
|
1.1. Menentukan peluang suatu kejadian tertentu pada suatu percobaan pada sebuah dadu
1.2. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan peluang
|
39
40
|
Komentar anda sangat berharga bagi blog ini... Terima Kasih atas komentar dan kunjungannya...
0 comments:
Post a Comment