Home » , » Kisi- KIsi UAS kelas 9 Mapel IPA - IPS - TIK tahun 2014-2015 Kemenag

Kisi- KIsi UAS kelas 9 Mapel IPA - IPS - TIK tahun 2014-2015 Kemenag

Kisi Kisi TIK

Standar Kompetensi


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/ Pembelajaran
Indikator Soal
Nomor Soal
2.   Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi

2. 1. Mendemontrasikan akses internet  sesuai dengan prosedur


Ø  Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet
















Ø  Mengidentifikasi nama domain internet






Ø  Membuka  akses internet


Ø  Melakukan pelacakan alamat Web melalui search engine


Ø  Mendefinisikan  Browser

Ø  Melalui gambar, dapat menunjukan shortcut perangkat lunak yang digunakan untuk akses internet melalui gambar.

Ø  Menentukan web browser yang digunakan pada tampilan gambar akses internet

Ø  Menyebutkan istilah pengguna internet

Ø  Menunjukan Ikon yang terdapat pada Perangkat lunak akses internet

Ø  Menyebutkan fungsi Ikon pada perangkat lunak akses internet

Ø  Menyebutkan fungsi fasilitas history

Ø  Mendefinisikan alamat web

Ø  Mengartikan beberapa domain yang terdapat pada alamat web.

Ø  Menyebutkan domain pada bidang kehidupan

Ø  Menyebutkan beberapa istilah yang digunakan dalam mengakses internet

Ø  Menunjukkan beberapa web yang menyediakan fasilitas search engine
Ø  Mengartikan  istilah yang digunakan dalam search engine
Ø  Melalui gambar, dapat menunjukan istilah-istilah tampilan dari hasil penulusuran.


1

2



3


4

5


6


7

8

9


10, 11


12, 13


14

15

16


2.2. Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di internet

Ø  Mengidentifikasi layanan yang ada di internet









Ø  Mengidentifikasi  provider  atau penyedia layanan internet



Ø  Megidentifikasi manfaat layanan internet di berbagai bidang kehidupan











Ø  Megidentifikasi kejahatan akibat layanan internet di berbagai bidang kehidupan

Ø  Mengidentifikasi  layanan e-mail




































Ø  Mengidentifikasi layanan mailing list




Ø  Menunjukkan  beberapa layanan yang tersedia di internet
Ø  Melalui gambar dapat menunjukan layanan yang terdapat di internet

Ø  Menyebutkan beberapa manfaat layanan internet

Ø  Menunjukkan  layanan internet jejaring sosial


Ø  Mendefinisikan istilah provider atau penyedia layanan  internet
Ø  Menunjukkan  provider  atau  penyedia layanan  internet

Ø  Menyebutkan manfaat layanan internet di berbagai bidang kehidupan

Ø  Menyebutkan layanan internet yang digunakan untuk melakukan bicara melalui teks

Ø  Menyebutkan layanan internet yang digunakan untuk berbicara melalui camera

Ø  Menjelaskan   layanan internet yang digunakan untuk melakukan bisnis di internet


Ø  Menyebutkan kejahatan yang ditimbulkan dari  layanan internet di berbagai bidang kehidupan

Ø  Mendefinisikan  pengertian  e-mail

Ø  Menyebutkan sejarah

Ø  Menyebutkan jenis-jenis e-mail

Ø  Menunjukkan  salah satu layanan e-mail gratis atau  bayar di internet


Ø  Melalui tampilan  gambar, peserta didik dapat menyebutkan langkah cara membuat layanan e-mail

Ø  Menyebutkan istilah yang digunakan dalam mengirimkan e-mail

Ø  Melalui tampilan gambar peserta didik dapat menyebutkan langkah membuka e-mail

Ø  Melalui tampilan gambar peserta didik dapat menyebutkan cara menjawab e-mail

Ø  Menyebutkan istilah untuk menerima dokumen pada e-mail

Ø  Menyebutkan istilah dalam  menyisipkan file di e-mail

Ø  Menunjukkan  fasilitas e-mail untuk meneruskan e-mail yang dikirim

Ø  Mendefinisikan  mailing list

Ø  Menyebutkan fungsi mailing list dalam kehidupan

Ø  Menjelaskan  langkah untuk menjadi anggota milis

Ø  Menjelaskan  langkah mengirim e-mail  ke milis

Ø  Melalui tampilan gambar peserta didik dapat menyebutkan langkah berhenti menjadi anggota milis


17

18


19


20


21

22


23


24



25


26



27



28

29

30

31



32



33


34


35


36


37


38


39

40


41


42


43






2.3. Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi yang bermanfaat
Ø  Mengidentifikasi situs-situs informas
Ø  Mengidentifikasi perangkat luak untuk download

Ø  Mengidentifikasi langkah untuk melakukan proses download

Ø  Mengidentifikasi cara mengolah dokumen hasil download

Ø  Menyebutkan situs-situs berdasarkan penggunaanya
Ø  Mendefinisikan  donwnload
Ø  Menyebutkan perangkat lunak untuk proses download
Ø  Melalui tampilan gambar, peserta didik dapat menyebutkan langkah download  informasi

Ø  Melalui tampilan gambar peserta didik dapat menyebutkan langkah mengolah dokumen hasil proses download

Ø  Menyebutkan objek download yang dapat disisipkan pada salah satu perangkat lunak aplikasi

44, 45

46
47

48


49



50


KISI-KISI IPA
NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR
MATERI
INDIKATOR SOAL
NO.
SOAL
1
4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.1 Menyelidiki gej ala kemagnetan dan cara membuat magnet
Sifat magnet dan benda magnetik
Peserta didik dapat memberikan contoh benda magnetik.
1
Peserta didik dapat menyebutkan sifat-sifat khusus magnet
2
Cara membuat magnet
Peserta didik dapat menentukan kutub-kutub magnet dari pembuatan magnet secara induksi
3
Peserta didik dapat menentukan kutub-kutub magnet dari pembuatan magnet dengan cara gosokan
4
Peserta didik dapat menentukan kutub-kutub magnet pada elektromagnet
5
Medan magnet
Peserta didik dapat menunjukkan bentuk dan arah garis gaya magnet disekitar magnet batang tunggal melalui gambar
6
Peserta didik dapat menunjukkan bentuk dan arah garis gaya magnet yang terbentuk oleh dua kutub magnet yang diletakkan berderet
7
Peserta    didik    dapat   memberikan  contoh   bahan   yang                daigunakan     untuk
memetakan/mengamati garis gaya magnet
8
Teori kemagnetan
Peserta didik dapat menentukan kutub-kutub magnet jika magnet batang                                                                                       dipotong
menjadi beberapa bagian
9

Peserta didik dapat memebrikan contoh kegiatan yang dapat menghilangkan atau melemahkan sifat kemagnetan
10
Kemagnetan bumi
Peserta didik dapat menunjukkan sudut deklinasi melalui gambar
11
Peserta didik dapat menjelaskan penyebab terbentuknya sudut inklinasi
12
4.2 Mendeskripsikan
pemanfaatan
kemagnetan dalam produk teknologi
Medan magnet di sekitar arus listrik
Peserta didik dapat menunjukkan bentuk dan arah garis gaya magnet disekitar kawat berarus listrk melalui gambar
13
Peserta didik dapat menunjukkan bentuk dan arah garis gaya magnet di sekitar kumparan kawat berarus listrik melalui gambar
14
Peserta didik dapat meyebutkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kekuatam medan magnet elektromagnet.
15
Peserta didik dapat     menyebutkan jenis  logam yang                                    digunakan                sebagai          inti
16





elektromagnet dan alasanya

Peserta didik dapat memberikan contoh alat-alat yang memanfaatkan elektromagnet
17
Gaya Lorentz
Peserta didik dapat menujukkan arah gaya yang bekerja pada kawat lurus berarus listrik yang berada dalam medan magnet
18
Peserta    didik    dapat                 menyebutkan faktor-faktor       yang    memperbesar                 atau
mempengaruhi gaya Lorentz
19
Peserta didik dapat menunjukkan beberapa alat listrik yang bekerja berdasakan prinsip gaya Lorentz
20
4.3. Menerapkan konsep induksi
elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik.
Induksi Elektromagnet
Peserta didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya ggl pada induksi elektromagnet
21
Peserta didik dapat menjelaskan terjadinya induksi elektromagnet pada kumparan sekunder, ketika kumparan primer dialiri arus searah melalui gambar sebagai stimulus
22
Peserta didik dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi ggl induksi
23
Peserta didik dapat menjelaskan cara untuk memperbesar ggl induksi
24
Peserta didik dapat menjelaskan hubungan ggl induksi dengan kecepatan gerak sepeda pada dinamo sepeda melalui gambar sebagai stimulus.
25
Trafo
Disajikan skema trafo, yang diketahui data-datanya, peserta didik dapat menghitung salah satu besaran trafo.
26
Disajikan    tabel  yang  berisi                   besaran-besaran    pada                   trafo,  peserta         didik                   dapat
menenjukkan jenis trafo step up atau step down
27
Peserta didik dapat menentukan kuat arus pada kumparan primer atau kumparan sekunder trafo jika tegangan pada kumparan trafo diketahui
28
Diketahui perbandingan antara kumparan primer dengan kumparan sekunder pada trafo, peserta didik dapat menentukan salah satu tegangan jika tegangan lain diketahui
29
2
5. Tata surya dan Matahri sebagai pusat tatasurya
5.1. Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya.
Anggota Tatasurya dan sifatnya
Peserta didik dapat menyebutkan planet inferior atau planet dalam pada tata surya
30
Peserta didik dapat memberikan ciri-ciri benda langit tertentu
31
Akibat peredaran bumi bulan terhadap matahari
Peserta didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya gerhana bulan atau gerhana matahari
32
Peserta didik dapat memberikan beberapa contoh fenomena alam yang disebabkan oleh rotasi bumi
33
Peserta didik dapat memberikan beberapa contoh fenomena alam yang disebabkan oleh revolusi bumi



34
Peserta didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya pasang naik air laut
35
Matahari
Peserta didik dapat menyebutkan lapisan-lapisan matahari
36
3
6. Memahami proses-prose
6.1 Proses proses yang terjadi pada lithosfer
Batuan
Peserta didik dapat memberikan contoh jenis batuan tertentu
37
Peserta didik dapat memberikan beberapa jenis pelapukan batuan
38


yang terjadi dilapisan atmosfer dan lithosfer dan akibat kenaikan suhu pada atmosfer dan lithosfer
6.2 Proses-proses yang terjadi pada atmosfer
Pemanasan global
Peserta didik dapat memberikan contoh akibat negatif pemanasan global
39
Akibat Radiasi matahari
Peserta didik dapat memberikan contoh dampak negatif dari meningkatnya radiasi ultraviolet matahari bagi kesehatan atau lingkungan
40


KISI-KISI IPS
No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
No Soal
1.
5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
5.1 Menginterpretasi peta tentang bentuk dan pola  muka bumi
Bentuk muka bumi pada peta
Disajikan daftar nama-nama bentuk muka bumi  peserta didik mampu mengidentifikasi warna bentuk muka bumi yang digunakan pada peta atau atlas.
1




Penggunaan peta kontur
Disajikan peta kontur peserta didik mampu menentukan arah lintasan mendaki puncak ketinggian paling mudah/ paling sulit
2


5.2 Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan  penduduk di kawasan Asia Tenggara
Persebaran penduduk Asia Tenggara.
Disajikan tabel jumlah penduduk dan luas wilayah negara-negara di kawasan Asia Tenggara peserta didik mampu menentukan negara paling padat/ paling jarang persebaran penduduknya

3



Persebaran barang tambang  di Asia Tenggara
Disajikan peta Asia Tenggara peserta didik mampu menunjukkan negara- negara yang menghasilkan bahan tambang   
4



Kerja sama bangsa-bangsa Asia Tenggara 
Peserta didik mampu mengidentifikasi contoh kerja sama bangsa-bangsa Asia Tenggara  di bidang tertentu
5


5.3 Mendeskripsikan   pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera
Karakteristik bentangan alam benua Afrika
Disajikan daftar ciri-ciri benua Afrika peserta didik mampu menentukan karakteristik bentangan alam kawasan benua Afrika
6



Kawasan Benua Eropa-Asia
Ditampilkan peta benua Eropa/Asia peserta didik mampu menunjukkan  kawasan Asia / Eropa tertentu
7



Karakteristik  bentangan alam kutub utara/kutub selatan
Peserta didik mampu menyebutkan karakteristikkawasan  Kutub Utara/ Kutub Selatan
8
2.
 6.  Memahami usaha mempertahankan republic Indonesia
6.1  Mendiskripsikan perjuangan bangsa Indonesia Merebut Irian Barat

Latar belakang konflik Indonesia-Belanda terkait dengan masalah Irian barat
Peserta didik dapat menjelaskan latar belakang terjadinya konflik Indonesia Belanda tentang Irian barat
9



Perjuangan Diplomasi dalam upaya pengembalian Irian barat
Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh perjuangan diplomasi dalam upaya pengembalian Irian Barat
10



Perjuangan dengan konfrontasi ppolitikmerebut Irian Barat
Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh perjuangan secara konfrontasi politik dalam upaya mengembalikan Irian barat

11



Perjuangan merebut Irian Barat melalui perjuangan konfrontasi  ekonomi
Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk perjuangan melalui konfrontasi ekonomi dalam merebut kembali Irian Barat
12



Tri Komando Rakyat
Disajikan daftar isi Trikora, Peserta didik dapat menentukan isi  TRIKORA  untuk merebut Irian Barat dengan benar

13



Persetujuan New York
Peserta didik dapat menjelaskan makna persetujuan New York dalam uopaya pengembalian Irian Barat

14



Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera)
Peserta didik dapat menjelaskan makna/arti penting penentuan pendapat rakyat Irian Barat bagi NKRI
15


Mendeskripsikan strategi nasional peristiwa PKI Madiun,   DI/TII, G30S/PKI dan konflik-konflik internal lainnya
Dampak persoalan hubungan pusat dan daerah akibat persaingan idiologis
Peserta didik dapat mengidentifikasi dampak negative meruncingnya hubungan pusat-daerah akibat persaingan ideologis

16



Peristiwa PKI Madiun
Peserta didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya pemberontakan PKI Madiun

17



Pertistiwa DI /TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulanagannya

Peserta didik dapat mengidentifikasikan cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk menumpas DI /TII di daerah tertentu

18



Peristiwa G30 S /PKI dan cara penanggulanganya
Ditampilkan  gambar pahlawan revolusi, peserta didik dapat mengenali nama pahlawan tertentu

19
3.
7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama International
Menjelaskan berakhirnya masa orde baru dan lahirnya reformasi
Penyebab tumbangnya orde baru
Peserta didik dapat mengidentifikasi yang menyebabkan tumbangnya pemerintahan Orde Baru

20



Berakhirnya orde baru, krisis ekonomi, dan gerakan Reformasi
Peserta didik dapat menjelaskan dampak krisis moneter bagi bangsa Indonesia sebelum tumbangnya pemerintahan Orde Baru
21



Berakhirnya Orde Baru, krisis ekonomi
Ditampilkan gambar tokoh (Orde Baru,)  peserta didik dapat mengidentifikasi peran dari tokoh tersebut

22



Gerakan Reformasi
Disajikan gambar demo mahasiswa menjelang berakhirnya Orde Baru, peserta didik dapat menjelaskan peranan peristiwa gambar tersebut  dalam sehingga melahirkan reformasi  
23


Peran Indonesia dalam kerjasama internasional
KAA
Disajikan gambar tokoh, peserta didik dapat menyebutka tokoh Indonesia yang berperan mewakili Indonesia dalam KAA
24



ASEAN
Disajikan daftar latar belakang lahirnya ASEAN, peserta didik dapat menentukan latar belakang berdirinya organisasi ASEAN yang benar
25
4.
7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional
7.3 Menguraikan  perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global
Faktor  yang mendorong  globalisasi
Peserta didik mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong globalisasi
26




Peserta didik mampu menyebutkan contoh perubahan sosial budaya secara mendunia (menggelobal)
27



Ciri-ciri globalisasi
Disajikan daftar peristiwa yang mendunia peserta didik mampu mengidentifikasi  ciri-ciri globalisasi
28



Contoh globalisasi kegiatan antar negara
Peserta didik mampu menyebutkan contoh globalisasi kegiatan antar negara
29



Dampak positif/negatifglobalisi terhadap masyarakat
Peserta didik mampu mengidentifikasi dampak positif/negatif globalisi terhadap masyarakat.
30



Tantangan masyarakat terhadap globalisi
Peserta didik mampu menyebutkan  tantangan masyarakat terhadap  gejala globalisi
31



Sikap masyarakat  menghadapi pengaruh negatip dari luar di era globalisasi
Peserta didik mampu menyebutkan  sikap masyarakat  menghadapi pengaruh negatip dari luar di era globalisasi
32



Sikap masyarakat  menghadapi pengaruh possitip dari luar di era globalisasi
Peserta didik mampu menyebutkan  sikap masyarakat  menghadapi pengaruh positip dari luar di era globalisasi
33




Peserta didik mampu menyebutkan contoh perubahan sosial budaya secara mendunia (menggelobal)
27



Ciri-ciri globalisasi
Disajikan daftar peristiwa yang mendunia peserta didik mampumengidentifikasi  ciri-ciri globalisasi
28



Contoh globalisasi kegiatan antar negara
Peserta didik mampu menyebutkan contoh globalisasi kegiatan antar negara
29



Dampak positif/negatifglobalisi terhadap masyarakat
Peserta didik mampu mengidentifikasi dampak positif/negatif globalisi terhadap masyarakat.
30



Tantangan masyarakat terhadap globalisi
Peserta didik mampu menyebutkan  tantangan masyarakat terhadap  gejala globalisi
31



Sikap masyarakat  menghadapi pengaruh negatip dari luar di era globalisasi
Peserta didik mampu menyebutkan  sikap masyarakat  menghadapi pengaruh negatip dari luar di era globalisasi
32



Sikap masyarakat  menghadapi pengaruh possitip dari luar di era globalisasi
Peserta didik mampu menyebutkan  sikap masyarakat  menghadapi pengaruh positip dari luar di era globalisasi
33
5.
7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional
7.4. Mendeskripsikan kerjasama antar negara di bidang Ekonomi.
Tujuan kerjasama Ekonomi antar negara.
Disajikan daftar tujuan kerja sama internasional, peserta didik dapat menentukan tujuan kerjasama Ekonomi antar negara.
34



Para pelaku kerjasama Ekonomi antar negara.
Disajikan tabel lembaga-lembaga pemerintah/swasta, peserta didik dapat mengidentifikasi fihak-fihak yang terlibat dalam kegiatan kerjasama ekonomi antar negara.
35



Perbedaan kerjasama regional dan multilateral
Peserta didik dapat membedakan perbedaan kerjasama regional dan multilateral
36



Upaya menjaga kelangsungan kerjasama ekonomi antar negara
Peserta didik dapat menjelaskan upaya yang perlu dilakukan pemerintah Indonesia  guna  menjaga kelangsungan kerjasama ekonomi antarnegara
37



Faktor – faktor penyebab terjadinya kerjasama Ekonomi antar negara
Disajikan daftar penyebab kerjasama internasional, peserta didik dapat menunjukkan faktor penyebab terjadinya kerjasama Ekonomi antar negara
38



Bentuk – bentuk kerjasama antar negara.
Peserta didik dapat menjelaskan arti kerja sama ekonomi bilateral/regional/multilateral
39



Hambatan – hambatan kerjasama Ekonomi Internasional.
Disajikan daftar hambatan kerjasama internasional, peserta didik dapat mengidentifikasi hambatan kerjasama antar negara di bidang ekonomi
40



Hambatan kerjasama ekonomi antar negara karena faktor alam/ulah manusia
Mengidentifikasi hambatan kerjasama ekonomi antar negara karena faktor alam/ulah manusia
41



Contoh kerjasama regional/bilateral
Disajikan ilustrasi contoh kerjasama bilateral/regional /multilateral, peserta didik dapat menentukan bentuk kerjasama  bilateral/regional /multilateral
42



Kerjasama regional, bilateral dan multilateral
Disajikan tabel organisasi ekonomi internasional, peserta didik dapat menentukan organisasi internasional bidang ekonomi yang   bersifat regional/bilateral/multilateral
43



Badan – badan kerjasama Ekonomi dunia yang penting bagi Indonesia
Disajikan tabel organisasi ekonomi dunia, peserta didik dapat menentukan organisasi ekonomi dunia yang penting bagi Indonesia
44



Organisasi dunia yang menangani bidang tertentu
Peserta didik dapat mengidentifikasi organisasi dunia yang menangani bidang perburuhan/keuangan/perdagangan /pendidikan
45



Lambang organisasi dunia
Disajikan gambar lambang salah satu organisasi internasional, peserta didik dapat menentukan organisasi internasional dari lambang tersebut
46


7.5,Mengidentifikasi danpak kerjasama antar Negara terhadap perkembangan Indonesia.
Dampak positif/negatif pengiriman jasa tenaga kerja ke luar negeri
Peserta didik dapat menjelaskan dampak positif/negatif  pengiriman tenaga kerja Indonesia ke luar negeri
47



Dampak negatif kerjasama ekonomi antar negara
Disajikan daftar dampak negatif akibat globalisasi ekonomi, peserta didik dapat menentukan dampak negatif globalisasi ekonomi bagi generasi muda Indonesia
48



Upaya menghindari dampak negatif kerjasama ekonomi antar negara
Peserta didik dapat menjelaskan upaya yang perlu dilakukan oleh pemerintah guna meminimalisir dampak negatif kerjasama ekonomi antar negara


49



Dampak positif penanaman modal asing bagi perekonomian Indonesia
Peserta didik dapat menjelaskan dampak positif penanaman modal asing bagi perekonomian Indonesia
50

Komentar anda sangat berharga bagi blog ini... Terima Kasih atas komentar dan kunjungannya...

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts