Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/ Pembelajaran
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
| ||||
2. Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi
|
2. 1. Mendemontrasikan akses internet sesuai dengan prosedur
|
Ø Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet
Ø Mengidentifikasi nama domain internet
Ø Membuka akses internet
Ø Melakukan pelacakan alamat Web melalui search engine
|
Ø Mendefinisikan Browser
Ø Melalui gambar, dapat menunjukan shortcut perangkat lunak yang digunakan untuk akses internet melalui gambar.
Ø Menentukan web browser yang digunakan pada tampilan gambar akses internet
Ø Menyebutkan istilah pengguna internet
Ø Menunjukan Ikon yang terdapat pada Perangkat lunak akses internet
Ø Menyebutkan fungsi Ikon pada perangkat lunak akses internet
Ø Menyebutkan fungsi fasilitas history
Ø Mendefinisikan alamat web
Ø Mengartikan beberapa domain yang terdapat pada alamat web.
Ø Menyebutkan domain pada bidang kehidupan
Ø Menyebutkan beberapa istilah yang digunakan dalam mengakses internet
Ø Menunjukkan beberapa web yang menyediakan fasilitas search engine
Ø Mengartikan istilah yang digunakan dalam search engine
Ø Melalui gambar, dapat menunjukan istilah-istilah tampilan dari hasil penulusuran.
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10, 11
12, 13
14
15
16
| ||||
2.2. Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di internet
|
Ø Mengidentifikasi layanan yang ada di internet
Ø Mengidentifikasi provider atau penyedia layanan internet
Ø Megidentifikasi manfaat layanan internet di berbagai bidang kehidupan
Ø Megidentifikasi kejahatan akibat layanan internet di berbagai bidang kehidupan
Ø Mengidentifikasi layanan e-mail
Ø Mengidentifikasi layanan mailing list
|
Ø Menunjukkan beberapa layanan yang tersedia di internet
Ø Melalui gambar dapat menunjukan layanan yang terdapat di internet
Ø Menyebutkan beberapa manfaat layanan internet
Ø Menunjukkan layanan internet jejaring sosial
Ø Mendefinisikan istilah provider atau penyedia layanan internet
Ø Menunjukkan provider atau penyedia layanan internet
Ø Menyebutkan manfaat layanan internet di berbagai bidang kehidupan
Ø Menyebutkan layanan internet yang digunakan untuk melakukan bicara melalui teks
Ø Menyebutkan layanan internet yang digunakan untuk berbicara melalui camera
Ø Menjelaskan layanan internet yang digunakan untuk melakukan bisnis di internet
Ø Menyebutkan kejahatan yang ditimbulkan dari layanan internet di berbagai bidang kehidupan
Ø Mendefinisikan pengertian e-mail
Ø Menyebutkan sejarah
Ø Menyebutkan jenis-jenis e-mail
Ø Menunjukkan salah satu layanan e-mail gratis atau bayar di internet
Ø Melalui tampilan gambar, peserta didik dapat menyebutkan langkah cara membuat layanan e-mail
Ø Menyebutkan istilah yang digunakan dalam mengirimkan e-mail
Ø Melalui tampilan gambar peserta didik dapat menyebutkan langkah membuka e-mail
Ø Melalui tampilan gambar peserta didik dapat menyebutkan cara menjawab e-mail
Ø Menyebutkan istilah untuk menerima dokumen pada e-mail
Ø Menyebutkan istilah dalam menyisipkan file di e-mail
Ø Menunjukkan fasilitas e-mail untuk meneruskan e-mail yang dikirim
Ø Mendefinisikan mailing list
Ø Menyebutkan fungsi mailing list dalam kehidupan
Ø Menjelaskan langkah untuk menjadi anggota milis
Ø Menjelaskan langkah mengirim e-mail ke milis
Ø Melalui tampilan gambar peserta didik dapat menyebutkan langkah berhenti menjadi anggota milis
|
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
| |||||
2.3. Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi yang bermanfaat
|
Ø Mengidentifikasi situs-situs informas
Ø Mengidentifikasi perangkat luak untuk download
Ø Mengidentifikasi langkah untuk melakukan proses download
Ø Mengidentifikasi cara mengolah dokumen hasil download
|
Ø Menyebutkan situs-situs berdasarkan penggunaanya
Ø Mendefinisikan donwnload
Ø Menyebutkan perangkat lunak untuk proses download
Ø Melalui tampilan gambar, peserta didik dapat menyebutkan langkah download informasi
Ø Melalui tampilan gambar peserta didik dapat menyebutkan langkah mengolah dokumen hasil proses download
Ø Menyebutkan objek download yang dapat disisipkan pada salah satu perangkat lunak aplikasi
|
44, 45
46
47
48
49
50
|
KISI-KISI IPA
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
NO.
SOAL |
1
|
4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menyelidiki gej ala kemagnetan dan cara membuat magnet
|
Sifat magnet dan benda magnetik
|
Peserta didik dapat memberikan contoh benda magnetik.
|
1
|
Peserta didik dapat menyebutkan sifat-sifat khusus magnet
|
2
| ||||
Cara membuat magnet
|
Peserta didik dapat menentukan kutub-kutub magnet dari pembuatan magnet secara induksi
|
3
| |||
Peserta didik dapat menentukan kutub-kutub magnet dari pembuatan magnet dengan cara gosokan
|
4
| ||||
Peserta didik dapat menentukan kutub-kutub magnet pada elektromagnet
|
5
| ||||
Medan magnet
|
Peserta didik dapat menunjukkan bentuk dan arah garis gaya magnet disekitar magnet batang tunggal melalui gambar
|
6
| |||
Peserta didik dapat menunjukkan bentuk dan arah garis gaya magnet yang terbentuk oleh dua kutub magnet yang diletakkan berderet
|
7
| ||||
Peserta didik dapat memberikan contoh bahan yang daigunakan untuk
memetakan/mengamati garis gaya magnet |
8
| ||||
Teori kemagnetan
|
Peserta didik dapat menentukan kutub-kutub magnet jika magnet batang dipotong
menjadi beberapa bagian |
9
| |||
Peserta didik dapat memebrikan contoh kegiatan yang dapat menghilangkan atau melemahkan sifat kemagnetan
|
10
| ||||
Kemagnetan bumi
|
Peserta didik dapat menunjukkan sudut deklinasi melalui gambar
|
11
| |||
Peserta didik dapat menjelaskan penyebab terbentuknya sudut inklinasi
|
12
| ||||
4.2 Mendeskripsikan
pemanfaatan
kemagnetan dalam produk teknologi
|
Medan magnet di sekitar arus listrik
|
Peserta didik dapat menunjukkan bentuk dan arah garis gaya magnet disekitar kawat berarus listrk melalui gambar
|
13
| ||
Peserta didik dapat menunjukkan bentuk dan arah garis gaya magnet di sekitar kumparan kawat berarus listrik melalui gambar
|
14
| ||||
Peserta didik dapat meyebutkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kekuatam medan magnet elektromagnet.
|
15
| ||||
Peserta didik dapat menyebutkan jenis logam yang digunakan sebagai inti
|
16
|
elektromagnet dan alasanya
| |||||
Peserta didik dapat memberikan contoh alat-alat yang memanfaatkan elektromagnet
|
17
| ||||
Gaya Lorentz
|
Peserta didik dapat menujukkan arah gaya yang bekerja pada kawat lurus berarus listrik yang berada dalam medan magnet
|
18
| |||
Peserta didik dapat menyebutkan faktor-faktor yang memperbesar atau
mempengaruhi gaya Lorentz |
19
| ||||
Peserta didik dapat menunjukkan beberapa alat listrik yang bekerja berdasakan prinsip gaya Lorentz
|
20
| ||||
4.3. Menerapkan konsep induksi
elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik.
|
Induksi Elektromagnet
|
Peserta didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya ggl pada induksi elektromagnet
|
21
| ||
Peserta didik dapat menjelaskan terjadinya induksi elektromagnet pada kumparan sekunder, ketika kumparan primer dialiri arus searah melalui gambar sebagai stimulus
|
22
| ||||
Peserta didik dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi ggl induksi
|
23
| ||||
Peserta didik dapat menjelaskan cara untuk memperbesar ggl induksi
|
24
| ||||
Peserta didik dapat menjelaskan hubungan ggl induksi dengan kecepatan gerak sepeda pada dinamo sepeda melalui gambar sebagai stimulus.
|
25
| ||||
Trafo
|
Disajikan skema trafo, yang diketahui data-datanya, peserta didik dapat menghitung salah satu besaran trafo.
|
26
| |||
Disajikan tabel yang berisi besaran-besaran pada trafo, peserta didik dapat
menenjukkan jenis trafo step up atau step down |
27
| ||||
Peserta didik dapat menentukan kuat arus pada kumparan primer atau kumparan sekunder trafo jika tegangan pada kumparan trafo diketahui
|
28
| ||||
Diketahui perbandingan antara kumparan primer dengan kumparan sekunder pada trafo, peserta didik dapat menentukan salah satu tegangan jika tegangan lain diketahui
|
29
| ||||
2
|
5. Tata surya dan Matahri sebagai pusat tatasurya
|
5.1. Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya.
|
Anggota Tatasurya dan sifatnya
|
Peserta didik dapat menyebutkan planet inferior atau planet dalam pada tata surya
|
30
|
Peserta didik dapat memberikan ciri-ciri benda langit tertentu
|
31
| ||||
Akibat peredaran bumi bulan terhadap matahari
|
Peserta didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya gerhana bulan atau gerhana matahari
|
32
| |||
Peserta didik dapat memberikan beberapa contoh fenomena alam yang disebabkan oleh rotasi bumi
|
33
| ||||
Peserta didik dapat memberikan beberapa contoh fenomena alam yang disebabkan oleh revolusi bumi
|
34
| ||||
Peserta didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya pasang naik air laut
|
35
| ||||
Matahari
|
Peserta didik dapat menyebutkan lapisan-lapisan matahari
|
36
| |||
3
|
6. Memahami proses-prose
|
6.1 Proses proses yang terjadi pada lithosfer
|
Batuan
|
Peserta didik dapat memberikan contoh jenis batuan tertentu
|
37
|
Peserta didik dapat memberikan beberapa jenis pelapukan batuan
|
38
|
yang terjadi dilapisan atmosfer dan lithosfer dan akibat kenaikan suhu pada atmosfer dan lithosfer
|
6.2 Proses-proses yang terjadi pada atmosfer
|
Pemanasan global
|
Peserta didik dapat memberikan contoh akibat negatif pemanasan global
|
39
| |
Akibat Radiasi matahari
|
Peserta didik dapat memberikan contoh dampak negatif dari meningkatnya radiasi ultraviolet matahari bagi kesehatan atau lingkungan
|
40
|
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
No Soal
|
1.
|
5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
|
5.1 Menginterpretasi peta tentang bentuk dan pola muka bumi
|
Bentuk muka bumi pada peta
|
Disajikan daftar nama-nama bentuk muka bumi peserta didik mampu mengidentifikasi warna bentuk muka bumi yang digunakan pada peta atau atlas.
|
1
|
Penggunaan peta kontur
|
Disajikan peta kontur peserta didik mampu menentukan arah lintasan mendaki puncak ketinggian paling mudah/ paling sulit
|
2
| |||
5.2 Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara
|
Persebaran penduduk Asia Tenggara.
|
Disajikan tabel jumlah penduduk dan luas wilayah negara-negara di kawasan Asia Tenggara peserta didik mampu menentukan negara paling padat/ paling jarang persebaran penduduknya
|
3
| ||
Persebaran barang tambang di Asia Tenggara
|
Disajikan peta Asia Tenggara peserta didik mampu menunjukkan negara- negara yang menghasilkan bahan tambang
|
4
| |||
Kerja sama bangsa-bangsa Asia Tenggara
|
Peserta didik mampu mengidentifikasi contoh kerja sama bangsa-bangsa Asia Tenggara di bidang tertentu
|
5
| |||
5.3 Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera
|
Karakteristik bentangan alam benua Afrika
|
Disajikan daftar ciri-ciri benua Afrika peserta didik mampu menentukan karakteristik bentangan alam kawasan benua Afrika
|
6
| ||
Kawasan Benua Eropa-Asia
|
Ditampilkan peta benua Eropa/Asia peserta didik mampu menunjukkan kawasan Asia / Eropa tertentu
|
7
| |||
Karakteristik bentangan alam kutub utara/kutub selatan
|
Peserta didik mampu menyebutkan karakteristikkawasan Kutub Utara/ Kutub Selatan
|
8
| |||
2.
|
6. Memahami usaha mempertahankan republic Indonesia
|
6.1 Mendiskripsikan perjuangan bangsa Indonesia Merebut Irian Barat
|
Latar belakang konflik Indonesia-Belanda terkait dengan masalah Irian barat
|
Peserta didik dapat menjelaskan latar belakang terjadinya konflik Indonesia Belanda tentang Irian barat
|
9
|
Perjuangan Diplomasi dalam upaya pengembalian Irian barat
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh perjuangan diplomasi dalam upaya pengembalian Irian Barat
|
10
| |||
Perjuangan dengan konfrontasi ppolitikmerebut Irian Barat
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh perjuangan secara konfrontasi politik dalam upaya mengembalikan Irian barat
|
11
| |||
Perjuangan merebut Irian Barat melalui perjuangan konfrontasi ekonomi
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk perjuangan melalui konfrontasi ekonomi dalam merebut kembali Irian Barat
|
12
| |||
Tri Komando Rakyat
|
Disajikan daftar isi Trikora, Peserta didik dapat menentukan isi TRIKORA untuk merebut Irian Barat dengan benar
|
13
| |||
Persetujuan New York
|
Peserta didik dapat menjelaskan makna persetujuan New York dalam uopaya pengembalian Irian Barat
|
14
| |||
Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera)
|
Peserta didik dapat menjelaskan makna/arti penting penentuan pendapat rakyat Irian Barat bagi NKRI
|
15
| |||
Mendeskripsikan strategi nasional peristiwa PKI Madiun, DI/TII, G30S/PKI dan konflik-konflik internal lainnya
|
Dampak persoalan hubungan pusat dan daerah akibat persaingan idiologis
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi dampak negative meruncingnya hubungan pusat-daerah akibat persaingan ideologis
|
16
| ||
Peristiwa PKI Madiun
|
Peserta didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya pemberontakan PKI Madiun
|
17
| |||
Pertistiwa DI /TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulanagannya
|
Peserta didik dapat mengidentifikasikan cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk menumpas DI /TII di daerah tertentu
|
18
| |||
Peristiwa G30 S /PKI dan cara penanggulanganya
|
Ditampilkan gambar pahlawan revolusi, peserta didik dapat mengenali nama pahlawan tertentu
|
19
| |||
3.
|
7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama International
|
Menjelaskan berakhirnya masa orde baru dan lahirnya reformasi
|
Penyebab tumbangnya orde baru
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi yang menyebabkan tumbangnya pemerintahan Orde Baru
|
20
|
Berakhirnya orde baru, krisis ekonomi, dan gerakan Reformasi
|
Peserta didik dapat menjelaskan dampak krisis moneter bagi bangsa Indonesia sebelum tumbangnya pemerintahan Orde Baru
|
21
| |||
Berakhirnya Orde Baru, krisis ekonomi
|
Ditampilkan gambar tokoh (Orde Baru,) peserta didik dapat mengidentifikasi peran dari tokoh tersebut
|
22
| |||
Gerakan Reformasi
|
Disajikan gambar demo mahasiswa menjelang berakhirnya Orde Baru, peserta didik dapat menjelaskan peranan peristiwa gambar tersebut dalam sehingga melahirkan reformasi
|
23
| |||
Peran Indonesia dalam kerjasama internasional
|
KAA
|
Disajikan gambar tokoh, peserta didik dapat menyebutka tokoh Indonesia yang berperan mewakili Indonesia dalam KAA
|
24
| ||
ASEAN
|
Disajikan daftar latar belakang lahirnya ASEAN, peserta didik dapat menentukan latar belakang berdirinya organisasi ASEAN yang benar
|
25
| |||
4.
|
7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional
|
7.3 Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global
|
Faktor yang mendorong globalisasi
|
Peserta didik mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong globalisasi
|
26
|
Peserta didik mampu menyebutkan contoh perubahan sosial budaya secara mendunia (menggelobal)
|
27
| ||||
Ciri-ciri globalisasi
|
Disajikan daftar peristiwa yang mendunia peserta didik mampu mengidentifikasi ciri-ciri globalisasi
|
28
| |||
Contoh globalisasi kegiatan antar negara
|
Peserta didik mampu menyebutkan contoh globalisasi kegiatan antar negara
|
29
| |||
Dampak positif/negatifglobalisi terhadap masyarakat
|
Peserta didik mampu mengidentifikasi dampak positif/negatif globalisi terhadap masyarakat.
|
30
| |||
Tantangan masyarakat terhadap globalisi
|
Peserta didik mampu menyebutkan tantangan masyarakat terhadap gejala globalisi
|
31
| |||
Sikap masyarakat menghadapi pengaruh negatip dari luar di era globalisasi
|
Peserta didik mampu menyebutkan sikap masyarakat menghadapi pengaruh negatip dari luar di era globalisasi
|
32
| |||
Sikap masyarakat menghadapi pengaruh possitip dari luar di era globalisasi
|
Peserta didik mampu menyebutkan sikap masyarakat menghadapi pengaruh positip dari luar di era globalisasi
|
33
| |||
Peserta didik mampu menyebutkan contoh perubahan sosial budaya secara mendunia (menggelobal)
|
27
| ||||
Ciri-ciri globalisasi
|
Disajikan daftar peristiwa yang mendunia peserta didik mampumengidentifikasi ciri-ciri globalisasi
|
28
| |||
Contoh globalisasi kegiatan antar negara
|
Peserta didik mampu menyebutkan contoh globalisasi kegiatan antar negara
|
29
| |||
Dampak positif/negatifglobalisi terhadap masyarakat
|
Peserta didik mampu mengidentifikasi dampak positif/negatif globalisi terhadap masyarakat.
|
30
| |||
Tantangan masyarakat terhadap globalisi
|
Peserta didik mampu menyebutkan tantangan masyarakat terhadap gejala globalisi
|
31
| |||
Sikap masyarakat menghadapi pengaruh negatip dari luar di era globalisasi
|
Peserta didik mampu menyebutkan sikap masyarakat menghadapi pengaruh negatip dari luar di era globalisasi
|
32
| |||
Sikap masyarakat menghadapi pengaruh possitip dari luar di era globalisasi
|
Peserta didik mampu menyebutkan sikap masyarakat menghadapi pengaruh positip dari luar di era globalisasi
|
33
| |||
5.
|
7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional
|
7.4. Mendeskripsikan kerjasama antar negara di bidang Ekonomi.
|
Tujuan kerjasama Ekonomi antar negara.
|
Disajikan daftar tujuan kerja sama internasional, peserta didik dapat menentukan tujuan kerjasama Ekonomi antar negara.
|
34
|
Para pelaku kerjasama Ekonomi antar negara.
|
Disajikan tabel lembaga-lembaga pemerintah/swasta, peserta didik dapat mengidentifikasi fihak-fihak yang terlibat dalam kegiatan kerjasama ekonomi antar negara.
|
35
| |||
Perbedaan kerjasama regional dan multilateral
|
Peserta didik dapat membedakan perbedaan kerjasama regional dan multilateral
|
36
| |||
Upaya menjaga kelangsungan kerjasama ekonomi antar negara
|
Peserta didik dapat menjelaskan upaya yang perlu dilakukan pemerintah Indonesia guna menjaga kelangsungan kerjasama ekonomi antarnegara
|
37
| |||
Faktor – faktor penyebab terjadinya kerjasama Ekonomi antar negara
|
Disajikan daftar penyebab kerjasama internasional, peserta didik dapat menunjukkan faktor penyebab terjadinya kerjasama Ekonomi antar negara
|
38
| |||
Bentuk – bentuk kerjasama antar negara.
|
Peserta didik dapat menjelaskan arti kerja sama ekonomi bilateral/regional/multilateral
|
39
| |||
Hambatan – hambatan kerjasama Ekonomi Internasional.
|
Disajikan daftar hambatan kerjasama internasional, peserta didik dapat mengidentifikasi hambatan kerjasama antar negara di bidang ekonomi
|
40
| |||
Hambatan kerjasama ekonomi antar negara karena faktor alam/ulah manusia
|
Mengidentifikasi hambatan kerjasama ekonomi antar negara karena faktor alam/ulah manusia
|
41
| |||
Contoh kerjasama regional/bilateral
|
Disajikan ilustrasi contoh kerjasama bilateral/regional /multilateral, peserta didik dapat menentukan bentuk kerjasama bilateral/regional /multilateral
|
42
| |||
Kerjasama regional, bilateral dan multilateral
|
Disajikan tabel organisasi ekonomi internasional, peserta didik dapat menentukan organisasi internasional bidang ekonomi yang bersifat regional/bilateral/multilateral
|
43
| |||
Badan – badan kerjasama Ekonomi dunia yang penting bagi Indonesia
|
Disajikan tabel organisasi ekonomi dunia, peserta didik dapat menentukan organisasi ekonomi dunia yang penting bagi Indonesia
|
44
| |||
Organisasi dunia yang menangani bidang tertentu
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi organisasi dunia yang menangani bidang perburuhan/keuangan/perdagangan /pendidikan
|
45
| |||
Lambang organisasi dunia
|
Disajikan gambar lambang salah satu organisasi internasional, peserta didik dapat menentukan organisasi internasional dari lambang tersebut
|
46
| |||
7.5,Mengidentifikasi danpak kerjasama antar Negara terhadap perkembangan Indonesia.
|
Dampak positif/negatif pengiriman jasa tenaga kerja ke luar negeri
|
Peserta didik dapat menjelaskan dampak positif/negatif pengiriman tenaga kerja Indonesia ke luar negeri
|
47
| ||
Dampak negatif kerjasama ekonomi antar negara
|
Disajikan daftar dampak negatif akibat globalisasi ekonomi, peserta didik dapat menentukan dampak negatif globalisasi ekonomi bagi generasi muda Indonesia
|
48
| |||
Upaya menghindari dampak negatif kerjasama ekonomi antar negara
|
Peserta didik dapat menjelaskan upaya yang perlu dilakukan oleh pemerintah guna meminimalisir dampak negatif kerjasama ekonomi antar negara
|
49
| |||
Dampak positif penanaman modal asing bagi perekonomian Indonesia
|
Peserta didik dapat menjelaskan dampak positif penanaman modal asing bagi perekonomian Indonesia
|
50
|
Komentar anda sangat berharga bagi blog ini... Terima Kasih atas komentar dan kunjungannya...
0 comments:
Post a Comment